Psychology First Aid: Tips Memberikan Dukungan Kesehatan Mental

KESEHATAN

Ada berbagai macam alasan mengapa seseorang mungkin membutuhkan dukungan psikologis. Tidak ada yang kebal terhadap kesehatan mental yang buruk, dan pada titik tertentu dalam hidupmu, kamu pasti perlu menawarkan dukungan kepada teman atau mencari bantuan sendiri. 

Pertolongan pertama psikologis dapat menjadi alat yang sangat baik untuk memerangi perjuangan kesehatan mental yang disebabkan oleh berbagai alasan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi pentingnya pertolongan pertama kesehatan mental, apa kegunaannya, siapa yang bisa menjadi pertolongan pertama, dimana harus menerima pelatihan, dan bagaimana memberikan dukungan kepada diri sendiri dan orang lain. Kami juga akan membahas pentingnya menemui profesional kesehatan mental dalam keadaan tertentu.

Para ahli dari University of Glasgow menggambarkan pertolongan pertama psikologis (PFA) sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk mendukung orang-orang yang pernah mengalami bencana atau krisis lainnya. Hal ini memberikan kerangka kerja yang dapat digunakan untuk menawarkan dukungan dengan cara yang bermartabat dan terhormat dan telah direkomendasikan untuk digunakan oleh WHO.

Meskipun kamu akan dapat belajar lebih banyak tentang mempraktikkan PFA dalam kursus bersertifikat, kami memiliki beberapa tips dan kiat sehingga kamu dapat memperoleh gambaran tentang apa yang tercakup di dalamnya. 

1. Untuk dirimu

Jika kamu memberikan dukungan kesehatan mental kepada orang lain, kamu perlu memastikan bahwa kamu juga menjaga diri sendiri. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami telah memberikan tips perawatan diri terbaik kami:

  • Makan sehat.
  • Mencari udara segar.
  • Berolahraga atau gerakkan tubuhmu.
  • Berlatih perhatian.
  • Ucapkan terima kasih.
  • Batasi waktu layarmu.
  • Tetap berhubungan dengan teman dan keluarga.
  • Tidurlah yang nyenyak.
  • Menjurnal pemikiranmu.
  • Batasi asupan obat-obatan.
  • Bersikap baik kepada diri sendiri.
  • Nikmati waktu sendirian.
BACA JUGA  Arti Halal Bi Halal Menurut Islam

2. Untuk orang lain

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum kamu dapat menawarkan PFA kepada seseorang adalah menilai kebutuhan dukungan apa yang mereka perlukan.

Ketika kamu pertama kali bertemu seseorang yang membutuhkan PFA, penting untuk mendapatkan beberapa informasi latar belakangnya sebelum mendekati mereka. Apa yang baru saja mereka alami, dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi mereka? Juga, bagaimana hal ini akan mempengaruhi cara kamu berkomunikasi dengan mereka dan tanggapan mereka?

Setelah kamu tahu lebih banyak tentang keadaan mereka saat ini, kamu dapat mendekati mereka dan mencoba mengidentifikasi kebutuhan mendesak mereka. Mulailah dengan hal dasar. Apakah mereka kedinginan, haus, lapar, atau sakit? Sangat penting bahwa mereka terlebih dahulu harus memiliki akses ke apapun yang mereka butuhkan sebelum kamu dapat menawarkan bantuan lebih lanjut.

Selanjutnya, kamu perlu menilai kebutuhan dukungan mereka. Hal ini dapat mencakup hal-hal praktis seperti perawatan sehari-hari, pengobatan, bantuan keuangan atau dukungan untuk merawat orang itu. Atau, juga dapat melibatkan lebih banyak perawatan psikologis, seperti meminta seseorang untuk diajak bicara atau menemukan kegiatan yang bermakna. Setelah kamu tahu apa yang mereka butuhkan, kamu akan dapat membantu mereka atau merujuk mereka ke psikolog dan konselor.

Itulah tips sederhana pertolongan pertama psikologis untuk mendukung kesehatan mental. Sudahkah kamu menerapkannya?

Source Link >>> Click Here