Catat! Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Markisa bagi Kesehatan

KESEHATAN

Markisa merupakan jenis tanaman merambat tropis, yang dikenal pula sebagai Passiflora. Markisa tumbuh di dataran dengan iklim hangat seperti Amerika Selatan, Australia, Afrika Selatan, dan India. Spesies markisa yang paling banyak ditemukan adalah passiflora edulis. Buah markisa memiliki daging buah yang lunak dan terdapat banyak biji di dalam kulit daging buahnya. Anda bisa mengonsumsi buah markisa secara langsung ataupun diolah menjadi jus yang menyegarkan. Lantas apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi buah markisa ini? Mengutip dari laman MedicalNewsToday.com, inilah lima manfaat mengonsumsi buah markisa bagi kesehatan.

1. Memenuhi Berbagai Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Buah markisa memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, kalium, magnesium, zat besi, serta fosfor. Berbagai kandungan vitamin dan mineral ini akan berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, fungsi imun, hingga pencegahan dari berbagai penyakit akibat bakteri dan virus.

2. Anti kanker dan Inflamasi

Buah markisa mengandung sejumlah antioksidan yang baik untuk mencegah stres oksidatif melalui perannya dalam melawan serangan radikal bebas pemicu kanker dan berbagai faktor inflamasi.

3. Memantu Pemenuhan Asupan Serat Harian

Buah markisa juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan cara melancarkan proses pencernaan serta mencegah terjadinya konstipasi. Serat yang terkandung pada buah markisa juga dinilai mampu menurunkan kolesterol sehingga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

4. Mengontrol Gula Darah

Buah markisa termasuk jenis buah yang memiliki kadar indeks glikemik rendah, sehingga menjadi salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, serta mampu mengontrol kadar gula darahnya.

BACA JUGA  Tegas! Ini Jawaban Haico Van Der Veken Soal Hubungannya dengan Rangga Azof

5. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Selain mengontrol gula darah, ternyata buah markisa juga dinilai penting untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health, menjelaskan bahwa markisa mengandung zat yang disebut piceatannol. Para peneliti menjelaskan bahwa pada pria yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi 20 mg piceatannol setiap hari selama 8 minggu berpotensi untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh, termasuk sensitivitas insulin.

Itulah tadi lima manfaat mengonsumsi buah markisa bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Source Link >>> Click Here