8 Khasiat Jahe untuk Kesehatan, Apa Saja?

KESEHATAN

Selama berabad-abad, tanaman herbal jahe telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu manfaat jahe yang sering dilakukan orang yang tinggal dipegunungan adalah untuk menghangatkan tubuh.

Namun tahu kah kamu? Apa saja manfaat jahe untuk kesehatan?

Melansir halaman halodoc, berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan:

1. Anti penuaan dan kanker

Sifat anti inflamasi dan anti oksidatif yang terkandung dalam jahe mampu mengendalikan proses penuaan. Serta jahe disebut-sebut mampu mencegah berbagai  kanker. Namun, hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Meredakan nyeri haid

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi jahe mampu meredakan nyeri haid pada wanita. Bahkan disebut khasiat jahe setara dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Cobalah minum setidaknya empat gelas air  jahe, untuk mendapatkan manfaat jahe dalam meredakan nyeri pada saat haid. Minumlah air jahe selama dua hari dimulainya periode haid. Efek  jahe pada perut disebut membantu meringankan rasa sakit.

3. Menurunkan glukosa darah dan kolestrol

Menurut penelitian,rutin dalam mengkonsumsi jahe mampu menurunkan glukosa darah secara signifikan serta mampu menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).

4. Memperkuat system imun

Kandungan vitamin C dan magnesium pada jahe dapat membantu tubuh dalam memperkuat sistem imun serta kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones  yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

5. Menangkal infeksi bakteri dan virus

Kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri seperti shigella, E.coli, dan lain-lain serta mampu mengatasi kerusakan DNA dan mengobati pilek dan flu jika rutin meminum jahe.

6. Meredakan sakit otot

Meminum jahe secara rutin mampu meredakan sakit oto. Berdasarkan hasil  studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, jahe memiliki efek antiperadangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot.

BACA JUGA  Catat! 5 Khasiat Meminum Air Rebusan Daun Binahong bagi Kesehatan

7. Meredakan Morning Sickness

Menurut sebuah penelitian oleh Royal College of Obstetricians and Gynecologists, jahe sangat membantu dalam mengurangi gejala mual di pagi hari selama awal kehamilan. Ekstrak akar jahe telah digunakan selama lebih dari dua ribu tahun untuk mengobati gejala gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, sembelit, kembung, dan bersendawa.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Ekstrak minyaknya yang terkandung dalam jahe dipercaya bisa mengatasi masalah sakit perut karena kandungan antibakterinya. Gangguan di pencernaan umumnya terjadi akibat bakteri jahat yang masuk, sehingga konsumsi jahe cocok sebagai antitesis.

Nah, itulah diatas beberapa manfaat dari tanaman jahe. Perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi jahe bahwa ada beberapa kondisi seseorang tidak dianjurkan dalam mengkonsumsi jahe terlalu banyak. Jadi untuk lebih aman sebelum mengkonsumsi jahe ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Source Link >>> Click Here