7 Manfaat Buah Naga yang Kaya Prebiotik dan Antioksidan

KESEHATAN

Buah tropis yang satu ini memiliki tiga jenis varietas yang dapat ditemui di seluruh dunia. Kulit buahnya ada yang berwarna pink dan kuning. Buah naga pertama kali dibawa ke Asia Tenggara oleh orang Prancis sekitar abad ke 19.

Melansir informasi dari healthline.com, berikut manfaat dari buah naga dengan segudang nutrisi pentingnya.

1. Tinggi Nutrisi

Buah naga merupakan buah yang memiliki kalori rendah namun diperkaya dengan serat, vitamin, mineral, dan senyawa alami pada tumbuhan seperti polifenol, karatenoid, dan betasianin.

Dalam 1 porsi buah naga seberat 227 gram mengandung 136 kalori, 3 gram protein, 0 lemak, 29 gram karbohidrat, 7 gram sehat, serta diperkaya zat besi, magnesium, vitamin C, dan vitamin E.

2. Memperkuat Sistem Imun

Vitamin C dan karatenoid yang terkandung dalam buah naga dapat meningkatkan sistem imun serta mencegah infeksi penyakit dengan cara melindungi sel darah putih pada tubuh dari kerusakan.

Sel darah putih pada tubuh berguna untuk melawan mikroorganisme penyebab infeksi. Namun, sel darah putih sangat rentan rusak jika terpapar radikal bebas. Nah, kandungan antoksidan, vitamin c, dan karatenoid pada buah naga justru dapat menetralkan radikal bebas dan menjaga sel darah putih dari kerusakan.

3. Membantu Melawan Penyakit Kronis

Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel pada tubuh yang dapat menjadi awal mula peradangan dan munculnya penyakit. Salah satu cara menangkal radikal bebas adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah naga.

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin c, karatenoid, dan betalain yang dapat membantu melawan efek negatif dari radikal bebas.

4. Kaya Serat

Buah naga dapat menjadi opsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian karena dalam satu porsi buah naga mengandung 7 gram serat yang baik bagi tubuh. Selain bermanfaat bagi pencernaan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa serat berperan untuk melindungi diri dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan dapat menjaga keseimbangan berat badan.

BACA JUGA  12 Fakta Menarik Tentang Jantung, Penyebab Kematian Nomor 1 di Amerika

5. Diperkaya Prebiotik Untuk Kesehatan Usus

Di dalam usus terdapat triliunan mikroorganisme dan ratusan bakteri. Para peneliti percaya bahwa mikroorganisme tersebut memiliki dampak bagi kesehatan.

Prebiotik merupakan salah satu jenis serat yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Buah naga dapat mendorong pertumbuhan dua jenis bakteri baik seperti bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Selain itu, dengan mengkonsumsi prebiotik secara rutin juga dapat mengurangi resiko infeksi saluran pencernaan dan diare.

6. Sumber Magnesium

Buah naga menyediakan jumlah zat magnesium yang lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Rata-rata tubuh manusia mengandung 24 gram magnesium. Magnesium memiliki peran penting bagi 600 reaksi kimia yang ada dalam tubuh.

7. Mengandung Zat Besi

Tak hanya mengandung magnesium, buah naga juga mengandung zat besi yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dalam tubuh. Zat besi dalam satu porsi buah naga telah mencukupi 8% kecukupan asupan harian. Kandungan vitamin C di dalamnya juga membantu proses penyerapan zat besi pada tubuh.

Itulah manfaat buah naga yang kaya prebiotik dan antioksidan. Semoga bermanfaat.

Source Link >>> Click Here