6 Alasan Penting Minum Air untuk Kesehatan

KESEHATAN

Tubuh manusia rata-rata terdiri dari 60 persen cairan. Persentase tersebut bervariasi antara 45-75 persen tergantung usia, jenis kelamin, dan tingkat hidrasi yang berbeda-beda tiap orang. Menyadur dari medicalnewstoday, bayi memiliki persentase cairan yang tinggi di dalam tubuhnya dan semakin bekurang seiring bertambahnya usia. Jaringan lemak juga mengandung cairan yang lebih sedikit dibandingkan otot, sehingga persentase cairan dapat berbeda-beda tergantung kondisi tubuh manusia.

Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup setiap hari sangat penting untuk kesehatan dan hampir seluruh fungsi tubuh. Merangkum dari universityhealthnews dan webmd, berikut alasan penting minum air untuk kesehatan:

1. Mempertahankan cairan tubuh

Cairan dalam tubuh berfungsi untuk banyak hal, seperti pencernaan, absorbsi, sirkulasi, produksi saliva, transport nutrisi, dan mengatur suhu tubuh. Hidrasi yang cukup membuat pencernaan lebih lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Beberapa orang juga dapat mengalami sakit kepala dan migraine ketika dehidrasi. 

2. Dapat mengontrol kalori

Strategi untuk banyak minum air telah banyak dilakukan oleh orang-orang yang menjalani program diet. Air tidak serta-merta memberikan efek dalam menurunkan berat badan, namun konsumsi air putih lebih baik untuk menggantikan minuman yang tinggi kalori. Makanan dengan kandungan air yang tinggi juga lebih lambat diabsorbsi oleh tubuh sehingga membuat kenyang lebih lama.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang menjalani diet untuk mengurangi berat badan dan minum 500 mL air sebelum makan selama 12 minggu, berhasil menurunkan berat badan rata-rata 2,3 kg lebih banyak daripada yang tidak minum sebelum makan.

3. Meningkatkan performa fisik

Selama melakukan aktivitas fisik, tubuh banyak mengeluarkan air melalui keringat. Untuk itu, sangat penting menghidrasi tubuh sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Hal itu untuk menjaga tubuh dari dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan. Hidrasi yang cukup juga dapat meningkatkan daya tahan dan menurunkan detak jantung maksimal.

BACA JUGA  Mengenal Coping Mechanism yang Sehat untuk Mengelola Stres

4. Membantu menjaga kondisi kulit

Kulit mengandung banyak cairan dan berfungsi sebagai barrier untuk proteksi mencegah kehilangan banyak cairan. Over-hidrasi tidak akan membuat kerutan dan ketidaksempurnaan kondisi kulit menghilang. Namun, dehidrasi akan menyebabkan kulit terlihat lebih kering dan berkeriput. Sehingga, sangat penting untuk mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup agar kulit dapat terhidrasi. Selain itu, untuk menjaga kelembaban kulit tidak hanya konsumsi cukup cairan saja, namun sebaiknya juga gunakan pelembab.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

Beberapa studi menyebutkan bahwa konsumsi air selama aktivitas yang membutuhkan fungsi kognitif lebih memiliki performa yang baik dibandingkan yang tidak minum air. Hasil tersebut dibuktikan baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Dehidrasi dapat mengurangi fungsi kognitif jangka pendek. Maka, untuk lebih fokus, jangan lupa untuk hidrasi yang cukup.

6. Menjaga fungsi ginjal

Cairan tubuh mengalirkan produk buangan dari dan keluar sel. Ginjal memiliki peran vital dalam membersihkan dan membuang produk sisa metabolisme tubuh yang bersifat toksik selama ada cukup cairan dalam tubuh. Jika tubuh tidak memiliki banyak cairan, maka cairan yang dikeluarkan dalam bentuk urin memiliki konsentrasi, warna, dan aroma yang lebih pekat. Hal ini karena ginjal mengambil kembali cairan lebih banyak untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh. Jika konsumsi air terlalu sedikit, maka sangat tinggi risiko untuk terkena batu ginjal.

Itulah 6 alasan penting minum air dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan cairan bervariasi tergantung usia, berat badan, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan kondisi iklim tempat tinggal. Maka, perlu disesuaikan. Orang dengan kondisi tubuh yang sama yang tinggal di wilayah berbeda memiliki kebutuhan air yang berbeda. Kuncinya adalah minumlah lebih banyak ketika berkeringat lebih banyak.

BACA JUGA  Mengulas Beragam Jenis Jambu Biji dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Source Link >>> Click Here