5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Labu Kuning dan Biji, Efeknya Bikin Terkejut!

KESEHATAN

Apakah kamu pernah makan labu kuning atau pumpkin? Bentuknya yang bundar atau lonjong serta warnanya sangat menarik. Labu kuning dapat dibuat sayur, dan kudapan. Terutama saat bulan Ramadan sering dibuat kolak untuk buka puasa.

Dilansir Healthline, labu kuning kaya akan vitamin dan mineral tetapi rendah kalorinya. Sumber beta-karoten tinggi  yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A. Selain itu terdapat juga karbohidrat, protein, serat, lemak, serta gula.

Banyaknya kandungan yang dimiliki membuat labu kuning memiliki manfaat yang bikin terkejut jika rutin mengonsumsinya. Apa saja? Yuk simak di bawah ini

1. Menurunkan berat badan

ilustrasi kegemukan (pexels.com/id-id/shvets-production)
ilustrasi kegemukan (pexels.com/id-id/shvets-production)

Buat kamu yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan? Labu kuning tepat untuk dikonsumsi. Pasalnya, labu kuning rendah kalorinya dan kaya serat sehingga memperlambat proses pencernaan sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.

Dikutip dari WebMD, ahli gizi dan nutrisi, Caroline Kaufman, MS, RDN mengatakan dalam secangkir labu kuning mengandung 90 persen air dan kurang dari 50 kalori. Maka mengonsumsi labu kuning ini terhindar dari dehidrasi dan mengenyangkan tapi tidak menambah berat badanmu.

2. Menjaga kesehatan mata

ilustrasi mata (pexels.com/id-id/pixabay)
ilustrasi mata (pexels.com/id-id/pixabay)

Warna oranye pada labu kuning menandakan kandungan beta karoten yang tinggi. Di mana beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. 

Dilansir dari BBC Good Food, beta karoten, vitamin C, dan E membantu melindungi mata dan mengurangi risiko penyakit mata akibat usia.

Dari sumber yang sama menyebutkan jika labu kuning juga mengandung karatenoid yang disebut Lutein dan zeaxanthin yang dapat menurunkan risiko katarak.Pentingnya vitamin A menjadikan labu kuning sangat direkomendasikan untuk kesehatan mata.

3. Menyeimbangkan kadar gula darah

ilustrasi periksa kadar gula (pexels.com/id-id/wdnet)
ilustrasi periksa kadar gula (pexels.com/id-id/wdnet)

Biji labu kuning ternyata mempunyai manfaat juga. Dilansir Healthline, biji labu kuning kaya kandungan magnesium. Magnesium yang terkandung dalam biji labu kuning dapat membantu penyerapan gula pada jaringan tubuh serta menyeimbangkan kadar gula dengan meningkatkan produksi insulin. Dilansir dari Advanced Pharmaceutical Bulletin biji labu kuning dipercaya dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe-2

BACA JUGA  Ketahui Rumus Luas Permukaan Tabung dari Contoh Soal Ini

4. Menjaga kesehatan jantung

ilustrasi sakit jantung (pixabay.com/id/users/pexels-2286921)
ilustrasi sakit jantung (pixabay.com/id/users/pexels-2286921)

Manfaat dari biji labu kuning yang jangan dilewatkan adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan fitosterol dan asam omega-3 dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Menurut sebuah studi dari Lipid Technology, fitosterol dan asam omega-3 dapat mencegah penggumpalan darah, dan penyakit aterosklerosis. Maka biji labu kuning dapat mengurangi penyakit jantung dan stroke.

5. Sebagai anti aging

ilustrasi terhindar dari penuaan dini (pexels.com/id-id/shvetsa)
ilustrasi terhindar dari penuaan dini (pexels.com/id-id/shvetsa)

Kabar baik buat perempuan jika rajin mengonsumsi labu kuning dapat terhindar dari penuaan dini. Kandungan beta karoten dapat membantu melindungi wajah dari sinar matahari yang dapat menimbulkan kerutan.

Tidak hanya itu saja, labu kuning dapat dibuat masker alami untuk wajah. Caranya, seperempat cangkir labu kuning dihaluskan. Lalu beri sebutir telur, satu sendok madu, dan satu sendok susu bubuk. Kemudian aplikasikan pada wajah, tunggu hingga 20 menit kemudian bersihkan.

Nah, sudah tau manfaat dari labu kuning dan bijinya. Labu kuning dapat kamu olah berbagai kudapan atau sayur. Sedangkan bijinya dapat kamu tambahkan pada salad, roti, pasta, sup, dan puding. Namun, sebelum ditambahkan pada makanan tersebut biji labu kuning dipanggang dahulu, ya.

Source Link >>> Click Here